My Favorite

Favorite Place. Favorite Man.

Kunjungan Pertama

Kunjungan pertama ke negeri Singa. Bosan dengan Merlion, bergaya dengan latar landmark lainnya.

Ronde

22 Desember banyak dikenal orang sebagai hari ibu. Ternyata, selain hari Ibu, hari ini juga dirayakan sebagai salah satu hari raya oleh warga Tiong Hua sebagai hari makan Ronde yang dikenal juga sebagai Tuan Yuan Jie. Seluruh keluarga berkumpul dan menikmati ronde bersama-sama.

Dalam rangka hari Ronde ini gue dan sodara tercinta bereksperimen membuat ronde sendiri. Sama-sama buta dan belum pernah bikin, cari resep di internet.

Karena keterbatasan bahan, jadinya resep yang didapat dari Dapur Bunda Nisa disesuaikan dan dimodifikasi hingga jadi lah Ronde Coco Pandan ini.

Selamat hari Ibu..
Selamat makan Ronde! ^^


-Ling-

Selai Srikaya

Dapat oleh-oleh import dari Pontianak.

Jangan lihat dari bentuk dan penampilannya. Si Djempol yang satu ini rasanya pol bener.. Srikaya lover must try deh pokoke ^^

Jadi ingat dulu sempat debat ama bos, sekarang uda mantan, soal selai srikaya. Dia keukeuh banget bilang kalo selai srikaya bikinnya dari buah srikaya. Hehehe..

Selamat pagi dan sarapan pake roti dengan selai srikaya :D


-Ling-

Ku Harap Salah

Ku coba tuk tak asal duga
Menerima dengan hati terbuka
Sempat terbesit kan terluka
Kau ku sambut dengan tawa
Meski akhirnya ku kecewa
Bahkan ada yang terluka
Tak mengapa...
Tetap berupaya tuk sungging kan tawa
Dia yang terluka
Ku harap tak lagi menganga
Kembali buka hati juga mata
Meski itu buah karma
Masih tersimpan asa di dada
Berharap hanya perasaan saja
Tak ingin percaya
Kau seperti yang diduga
Kamu yang ku beri cinta
Tlah ku serta juga percaya
Jangan kamu terlena dan tergoda
Nanti ku kutuk api neraka.. ^^

-Ling-

Pra & Hari H

Bulan Desember adalah bulan penuh Kondangan. Jadwal dipenuhi dengan kegiatan yang berkaitan dengan pernikahan teman dan saudara. Sebagai saudara dan teman yang baik hati dan tidak sombong, tentu gue ikut berbahagia dan meramaikan suasana ^^

Tanpa disadari, kali ini gue banyak mengikuti perjalanan proses pernikahan dari pra sampai hari H, sepupu yang resepsinya dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2010 lalu. Secara garis besar urut-urutannya sama saja dengan yang lain, paling beda-beda dikit pada detail.

Sekedar iseng dan sebagai catatan kecil yang bisa dijadikan contekan nantinya, berikut tahap-tahapan yang kemaren ini dijalani sama si Sepupu *hasil pengamatan dan sedikit-banyak tanya kiri-kanan

Lamaran
Pihak keluarga Lelaki mendatangi pihak keluarga perempuan untuk "meminta" secara resmi si Perempuan untuk dijadikan Isteri bagi anak Lelakinya. Pada saat ini, kedua belah pihak keluarga membicarakan rencana persiapan pernikahan.

Sangjit/Seserahan
Acara ini umumnya diadakan satu minggu menjelang pernikahan, namun aturannya tidak mutlak. Pihak keluarga Lelaki mendatangi pihak keluarga Perempuan dengan membawa beraneka seserahan dari pakaian, kosmetik, pakaian, buah-buahan, dll. Tak ketinggalan, benang merah dan keperluan untuk hari H lainnya. Dalam adat Tionghoa, selain mas kawin alias mahar, dikenal juga uang susu yang diberikan oleh calon mempelai Lelaki kepada calon Ibu Mertuanya.

Ketika pihak keluarga Lelaki akan pulang, semua barang yang dibawa akan dikembalikan setengah, kecuali pakaian dan kosmetik untuk calon mempelai Perempuan. Dan, ditambah juga dengan perbekalan dari pihak keluarga Perempuan untuk keluarga Lelaki. Hemm, mungkin ini menggambarkan persamaan dan saling berbagi antara kedua keluarga.

Pemberkatan/Sipil
Ada yang menyelenggarakan acara Pemberkatan dan Resepsi pada hari yang sama, ada juga di hari yang berbeda, tergantung dari keputusan bersama antar keluarga. Berbagai faktor yang menjadi pertimbangan diantaranya ketersediaan tempat dan waktu. Lokasi pelaksanaan tentu disesuaikan dengan kepercayaan masing-masing mempelai ^^

Kemaren ini acara Pemberkatan dilaksanakan pada 28 November 2010 dengan tatacara agama Buddha Theravada lalu dilanjutkan dengan proses hukum, catatan sipil.

Masuk Rumah
Pulang dari Vihara, sebelum masuk rumah, kedua mempelai Sembahyang kepada Tuhan dan para leluhur. Kemudian dilanjutkan dengan memberi hormat kepada orangtua mempelai Lelaki.

Resepsi
Meski resepsi lebih dimaksudkan kepada pesta pernikahan, masa bersenang-senang, tapi tetap ada yang harus diperhatikan, yaitu Teh Pai alias Tea Pai. Kedua mempelai memberi hormat kepada orangtua dan sanak keluarga yang lebih tua yang dilambangkan dengan memberi secangkir teh. Lalu, orangtua dan sanak keluarga membalas hormat serta memberi restu dengan memberi angpao. Teh Pai bisa juga dimaknai sebagai ajang saling memperkenalkan masing-masing mempelai dengan anggota keluarga yang lebih senior.

Setelah itu, baru pesta di mulai. Berbagi kebahagiaan dengan sanak-keluarga, teman dan relasi dalam jamuan makan dan rangkaian acara yang meriah.

Dan, selesai lah rangkaian acara. Tinggal masa bersenang-senang kedua mempelai menikmati bulan madu ^^

Oh yah, jangan kaget yah ketika ke acara pernikahan kita terus Angpao-nya di nomorin. Ga tau dengan tujuan apa dan bermula sejak kapan, tapi hal seperti itu berlaku dan diterapkan. Kalo gue seh ngeliat sisi positifnya, mungkin penomoran itu dimaksudkan agar ada bayangan bagaimana harus membalas dikemudian hari.

Semoga semua makhluk hidup berbahagia


-Ling-

Kuku

Salah satu dari sedikit diantara banyaknya kegiatan perempuan yang gue suka.. Utak-atik kuku!! Kutekan atau sekedar mengkilapkan kuku itu seru lho.. Meski kadang hasilnya berantakan, tapi tetap pede dengan hasil karya sendiri ^^

-Kuku ku..-
Next time upload yang kutekan ahhh.. Hehehe..


-Ling-

Bolu Keju

Ternyata gue dari kemaren belum posting mengenai Bolu Keju nan yummy yang satu ini!

-Bolu Keju-
Tanpa basa-basi, berikut resepnya..

Bolu Keju

Bahan:
200 gr gula pasir
300 gr mentega *kalo pake butter lebih wangi lagi ^^
7 btr kuning telur
5 btr putih telur
250 gr terigu
200 gr keju cheddar parut

Cara membuat:

Kocok mentega dan gula sampai mengembang, 10-15 menit
Masukkan kuning telur satu satu, kocok sampai rata
Masukkan 150 gr keju parut, aduk rata
Masukkan tepung terigu, aduk rata.
Masukan putih telur yang telah dikocok kaku, aduk rata
Tuang ke dalam loyang yang telah dioles mentega dan dilapis terigu
Tabur sisa keju ke atas adonan
Panggang hingga matang, 35-45 menit
Keluarkan dari loyang, hidangkan
Sumber resep lupa disimpan :(

-Bolu Keju Yummy: Before & After Oven-
Bolu ini beneran enak banget! Gurih-gurih gimana gitu. Apalagi kalo bikinnya pake butter, dijamin nagih! Ini aja hari ini kemaren bikin karena ada yang ketagihan dan minta dibikinin lagi.


-Ling-

Kalender Lunar 2011

Mendekati pergantian tahun, kalender menjadi persiapan kecil yang tidak boleh dilupakan. Begitu banyak hal yang bisa direncanakan dengan menggunakan tanggalan, diantaranya untuk mempersiapkan liburan dan pernikahan.

Selain kalender 2011 yang lengkap dengan libur nasional dan cuti bersama, penanggalan imlek memegang peranan yang cukup penting dalam hidup gue. Yah, minimal untuk memastikan ce it & cap go. Kalo untuk kalangan senior, tanggalan imlek mempunyai peran yang lebih signifikan lagi. Contoh: memilih hari baik untuk pindahan, menyelenggarakan acara tertentu, memulai renovasi, mulai bercocok tanam, dll.

Buat yang senasib, berikut penanggalan lunar 2011, meski belum lengkap dengan keterangan kapan imlek, cengbeng atau pun festival-festival lainnya.

-Kalender Imlek 2011-
*klik gambar untuk melihat dalam ukuran lebih besar
Source: here
Semoga bermanfaat... ^^


-Ling-

Resep Kanker

Kanker. Klo sekedar kantong kering seh masing mending. Tapi kalo kanker yang beneran kanker alias cancer, iihhh.. Amit-amit deh!!

Saking seremnya, gue jadi takut untuk mencari tau bertanya-tanya lebih lanjut ketika bertemu dengan orang yang mengalami atau keluarganya terserang kanker. Bukannya ga bersimpati atau berempati, tapi beneran ga berani.

Ada ga yah yang pola pikirnya seperti gue? :P

Dari dua minggu lalu, ada saudara jauh yang mama-nya lagi dirawat di RS. Dharma Nugraha. Terakhir kali menjenguk, diceritakan mengenai kertas fotokopian yang didapatnya dari dokter. Katanya kertas tersebut didapat dari seorang Ibu yang berhasil selamat dari serangan kanker payudara yang diidapnya sejak 20 tahun lebih. Dan, gue bermaksud berbagi informasi yang gue dapat tersebut disini.

Poin Penting penyembuhan Kanker!!
  1. Pasrah sepenuhnya kepada Tuhan
  2. Mempunyai semangat hidup yang tinggi
  3. Disiplin pola makan dan minum
  4. Jangan DIPIJIT atau DIKEROK
  5. Jangan kena matahari terik *lewat dari jam 11 pagi
Disiplin Makanan
Hal yang paling sulit dilakukan mungkin adalah yang ketiga, jaga makan. Apalagi jika hal terebut harus dilakukan dalam jangka waktu yang panjang sekali. Kesabaran dan ketabahan diuji habis-habisan deh.

Makanan yang dikonsumsi harus mengandung: yodium, lemon (citrum), zat besi, Vitamin A, C dan E. Zat-zat tersebut banyak terdapat pada:
Wortel
Strawberry
Jeruk
Melon
Buah Naga alias Dragon Fruit
Apel
Kembang Kol
Kacang Polong
Seledri
Asparagus
Bit
Tomat
Kacang Kapri
Bawang-bawangan
Sayuran Hijau ber-klorofil *contoh: Bayam
Minyak Zaitun alias Olive Oil
Mentega/Butter *bukan Margarin
Keju
Kuning Telor

Sedangkan makanan dan minuman yang TIDAK boleh dikonsumsi oleh penderita kanker yaitu:
Teh
Kopi
Alkohol
Soft Drink
Coklat
Cabe
Lada
Biji Pala
Cuka
Durian
Nangka
Daging Kambing

Adapun pola makan yang diterapkan oleh si Ibu hebat yaitu:
9 lembar daun Suji, cuci bersih lalu di-juice
2 Tomat dan Wortel, dapat diganti dengan 1 buah Bit
Susu Kedelai atau susu kaleng yang baik untuk kesehatan
Makan dengan lauk dan sayuran yang sehat serta tahu dan tempe
3 lembar daun Dewa, makan mentah atau campurkan dalam juice
1 Bawang Putih mentah atau 2 bawang putih tunggal

Berharap sesedikit mungkin orang yang membutuhkan informasi seperti ini..
Semoga semua makhluk hidup berbahagia


-Ling-

Pet Society: Coin

Informasi ini seh udah ada dan bahkan tercantum dengan jelas di dalam game Pet Society. Kemaren ini lagi iseng aja dan print screen lalu ketak-ketik di sini, siapa tau ada yang butuh. Sebagai sesama pecinta Petsos, kan harus saling berbagi dan mendukung ^^

Pada dasarnya, ada dua cara untuk mendapatkan coin dalam Pet Society
  • Menguras tenaga. Coin akan bertambah dengan melakukan hal-hal beriku:
  • Menguras kocek. Membeli Playfish Cash lalu mengubahnya menjadi Coin dengan nilai tukar sebagai berikut:

Jika ada cara halal lainnya, akan diupdate lagi.. ^^


-Ling-

Ritual Minuman Kotak

Kepada para pecinta Ultra Milk kotak dan pecinta minuman kotak pada umumnya, apa yang kalian lakukan ketika akan membuang kotak bekas minuman tersebut?

Benda yang tadinya merupakan minuman pelepas dahaga, penambah energi, atau bahkan minuman kesukaan berperisa berubah menjadi limbah yang tak lagi diinginkan. Bahkan, tak sabar untuk menaruhnya di tempat pembuangan sampah terdekat.

Ehmm, sama seperti manusia, calon sampah minuman yang terbuat dari kotak tersebut ternyata juga mempunyai ritual diakhir masa gunanya lho? Tatacaranya tertera jelas pada bagian atas kotak. Tempat yang seharusnya dapat terlihat dengan jelas, tapi malah sering terlewati.

-ritual minuman kotak-
Gepengkan kotak sebelum dibuang ke tong sampah.

-setelah digepengkan-
Sudahkah kalian melaksanakan ritual sebelum membuangnya? Saya baru mulai.. ^^


-Ling-