Virus IM!

Sebel deh! Hati-hati donk klo IM-an! Situ yang ga hati-hati, sini yang kena imbasnya neh..
Mungkin kesannya jahat g ngomong begitu, tapi beneran lho.. annoying! Masa tiba-tiba terima notifikasi ada message dari temen, pas d klik, eh yang masuk virus!!

Pernah baca (maaf narasumber, g lupa source-nya dari mana!), cara untuk menghilangkan virusya adalah dengan cara ganti password IM-kita. Kalo masih ada juga, coba install ulang software IM.

Oh yah, cara kerja sampe bisa kena virus ini adalah:
klik link tertentu (biasanya berasal dari message temen yang udah kena virus terlebih dahulu)
pas di klik, pop up window yang minta untuk memasukkan username dan password IM kita. klo diikutin instruksinya, maka dipastikan IM u akan menjadi penyebar virus selanjutnya! G tau karena g pernah hampir kena! virus yag cerdas, menyebar pada saat yang sangat tepat!

Selama ini memang bisa solve masalah virus IM dengan dua cara tersebut. TAPI, hari ini g menemukan klo teryata udah ada virus yang lebih canggih! Udah ganti password dan install ulang software, masih juga ga ilang virusnya! Message yang dibroadcast ini ga tau dalam bahasa apa. Awalnya g pikir bahasa khek! hahahaha.. Help please! ada yang punya solusinya??


-Ling-

2 comments

Valentinus Rama Kurniangga May 13, 2009, 8:25:00 AM

Penyebab utama anda terkena virus biasanya karena anda pengguna Windows? Am I Right?
Maka itu, berikut merupakan cara-cara paling ampuh menangani virus pada windows anda.
1. Install ulang windows anda, huahahaha
2. Pake Linux dhe, pasti gak ada yg masuk itu virus.

btw, virus2 via IM itu sebenernya bukan temen kita yg kirim, tapi IM temen kita udah kena phising, jadinya mereka bisa nyebar link2 aneh dengan atas nama ID IM teman kita.

Ciri-ciri ID yg kena phising tuh biasanya sering kluar masuk IDnya, jadi misal
valent_theelf is logged out
valent_theelf is logged in
trus berulang2, dan kejadian ini ga disadari sama si empunya IM, tapi diketahui sama teman-teman lainnya. Nah biasanya abis kluar masuk kaya ingus gt, mulai dhe ada sebar link-link aneh. dan klo lo tanya dia ga respond. THAT's IT, IDnya udah kena phising.

buat mensolusikan phising ini memang mudah dengan cara ganti password, maka dia gak akan bisa masuk ke ID kita lagi.

tapi klo virusnya gw gak pernah kena, makanya jangan pernah terima secara langsung link-link berupa spam dari teman-teman.

Ling May 13, 2009, 9:33:00 AM

Klo ganti linux, masalahnya berubah pak. yang tadinya annoyed sama message yang pop up karena virus, jadi.. stressed n marah-marah karena bingung untuk mengoperasikannya! hahaha

ada ide lain selain ganti password ga? itu udah d coba. bahkan sampe install ulang YM. Tapi masih juga bermasalah..

Post a Comment