Semur Tahu Bulat

Semua berawal dari kalender 2011 gratisan Kecap Bango untuk tiap pembelian dua bungkus kecap isi ulang.

Waktu itu lagi belanja bulanan tambahan. Begitu lewat rak kecap dan melihat ada benda lain yang dilakban bersamaan dengan dua bungkus kecap isi ulang, tanpa ragu, langsung gue ambil. Sampai di rumah, kalendar tersebut pun gue pajang di atas dispenser.

Beberapa hari lalu, iseng-iseng gue liatin resep-resep yang ada di sana. Satu yang paling menonjol, Semur Tahu. Harap maklum kalo kata menonjol di sini terkait erat dengan kegemaran gue akan segala jenis masakan berbahan dasar TAHU. Tadinya pengen langsung bereksperimen, tapi tahu lagi abis.

Besok paginya nyokap bilang klo tahunya uda ada. Langsung deh menuju dapur dan melakukan percobaan pertama. Resep dari kalender gratisannya kurang lengkap :( Pada percobaan kedua gue googling dan menemukan resep yang kurang lebih sama, serta lebih lengkap. Ternyata nama lengkapnya, Semur Tahu Wonosobo.

Karena percobaan pertama belum sempurna, yang dibahas percobaan kedua aja ^^

Berbekalkan pengalaman bikin semur pada percobaan pertama, kepercayaan diri gue semakin meningkat. Tinggal kurangin garam aja biar ga terlalu asin. Sama, kali ini ada tomat, jadi bisa memasak dengan bahan lengkap sesuai petunjuk. Eh, nambah deh bahannya. Plus cabe hijau gede tiga.

Tara.. jadilah masakan berikut ini
-Semur Tahu Bulat ala Ling-
Kalo ada yang mau nyoba, berikut resepnya:

Semur Tahu Bulat ala Ling
Inspirasi: Semur Tahu Wonosobo

Bahan:
2 buah tahu putih, dihaluskan
2 sendok makan ebi, sangrai dan haluskan
5 bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah tomat, potong kotak
3 cabe ijo, potong memanjang
1 butir telor, kocok lepas
3 sendok makan kecap manis
garam secukupnya

Cara:
Campurkan ebi ke dalam tahu, aduk rata.
Masukan telor kedalam campuran tahu, aduk rata, dan bentuk bulat.
Goreng tahu hingga kekuningan, angkat dan tiriskan.
-Tahu goreng bulat-

Tumis bawang putih dan bawang merah hingga wangi, masukan cabe ijo dan tomat
-Tumisan-
Tambahkan air hangat dan masukan tahu
Tambahkan garam dan kecap manis, aduk rata
Angkat, santap! ^^

Oh yah, kalo doyan, bisa juga lho bikin Semur Tempe Bulat! Hasilnya seperti berikut ini.
-Semur Tempe Bulat-

Bahan utama dan cara membuatnya sama aja. Atau, bisa juga mengganti cabe ijo dengan paprika, seperti yang gue lakukan. Untuk rasa, gue lebih suka Semur Tahu Bulat. Tahu gitu lho.. :P


-Ling-

2 comments

Me2y

Yatty doyan tahu yahh?? gw baru tau.. sama donk kita.. ;) boleh dicoba tuhh semur tahu bulat-nya, it looks yummy.. tp kyknya lebih enak klo dimasakin d.. ;)

Ling Mar 30, 2011, 11:17:00 AM

Doyan sekali! :D mau dimasakin? Gampang kog. Kasi aja resepnya ke si mbak ckckck

Post a Comment