Settingan Label

Informasi berikut ini merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut hari H. Kelihatannya seh sepele, tapi cukup merepotkan jika tidak mendapatkan ilmu yang tepat. Atau, setidaknya merepotkan dari sisi materi karena harus membayar sejumlah uang jika ingin menggunakan jasa untuk menyelesaikannya.

Keperluan gue dengan pengetahuan ini bisa dibilang masih lama. Tapi gue putuskan untuk mencari tahu sekarang sebagai bentuk pelaksanaan "sedia payung sebelum hujan", kan katanya semakin mendekati hari H semakin besar tekanan, jadi sebisa mungkin mengurangi faktor pemicu. Belajar sekarang agar nanti begitu dibutuhkan tinggal mengeluarkan ilmu tanpa harus repot mencari tahu dan coba-coba lagi.

Dari tadi gaya ngomong udah kaya lagi mempersiapkan apa gitu. Padahal cuma ilmu penting ga penting, setting printer untuk nge-print label undangan :P. Itu lho, print nama tamu yang akan diundang pada label yang kemudian akan ditempelkan pada undangan. Awalnya seh karena mendapati temen yang memutuskan untuk menggunakan jasa tukang ketik, jadinya penasaran deh. Masa seh sesulit itu sampe harus mempersiapkan budget extra?. Yah, ujungnya seh karna mengantisipasi pos pengeluaran tambahan huehehehe..

Setelah browsing kiri-kanan dan mendapat finishing help dari si Kamu, akhirnya sukses juga uji coba gue mempersiapkan settingan untuk print label undangan. Meski ga sampe tahap ngeprint, tapi dari penampakannya, gue yakin pasti berhasil. Gue sisakan tahap terakhir itu untuk diujicoba pada waktunya nanti. Kali ini cukup pada bagaimana mempersiapkannya dengan cara smart (baca: say no to one-by-one copas technique) .

Ok, inilah cara mempersiapkan settingan untuk nge-print label:
Pertama. Tentukan jenis dan ukuran label yang akan digunakan.
Berikut opsi yang disediakan dari merek terkemuka nan laris manis di Indonesia Raya, Tom & Jerry.
Ukuran Label Tom & Jerry.
Source: here

Yang banyak digunakan sebagai label undangan adalan Tom & Jerry. tipe 103, atau sesuaikan dengan kebutuhan. 

Kedua. Buat template. 
Buka new blank document pada MS Word, *tutorial kali ini menggunakan MS Office 2007 klik tab "Mailings" lalu klik tombol "Labels". 
Begitu muncul halaman "Label Option". Pilih "Options" lalu "New Label" dan isi keterangan pada kolom sesuai data yang diinginkan. Jika menggunakan label Tom & Jerry tipe 103, bisa mengisinya sesuai data berikut:
Kalo udah selesai isi, klik tombol "OK". Dan, "OK" pada halaman "Label Options"
  
Ketiga. Buat database/daftar tamu yang akan diundang menggunakan MS Excel.
-Contoh daftar tamu-
Keempat. Setting label

Buka new blank document pada MS Word. Pada tab "Mailings", klik tombol "Start Mail Merge", ketiga dari sisi kiri, kemudian pilih menu "Step-by-step Wizard". Lalu ikuti langkah-langkah instruksi yang tersedia pada sisi kanan.

-Step-by-step wizard-
  1. Pilih "Labels" pada tipe dokumen yang akan dibuat. Klik "Next" pada bagian bawah.
  2. Pilih "Change document layout", klik "Label Options" Lalu gunakan template yang telah disiapkan sebelumnya, dan klik "OK". Klik "Next" pada bagian bawah.
  3. Pilih "Use an existing list". "Browse", gunakan file database/daftar tamu yang telah disiapkan. Klik "Next" pada bagian bawah.
  4. Pilih "More Items" dan pilih kolom apa aja yang akan dimunculkan pada label. Lalu, klik "Update all labels". Klik "Next" pada bagian bawah.
  5. Perhatikan tampilan preview yang muncul, kalo udah sesuai dengan yang diinginkan, klik "Next" pada bagian bawah. Jika masih ada yang mau diubah, klik "Previous" dan sesuaikan kembali.
  6. Crosscheck lagi tampilan semua label yang telah dibuat. Untuk mengubah ukuran dan jenis font, klik bagian kiri atas tabel agar seluruhnya keblok, pilih tab "Layout", klik pilihan pengaturan yang diinginkan pada bagian alignment. Jangan lupa memasukan si label ke printer sebelum klik "Print".
Selesai deh!

Bagi yang udah akan menggunakan ilmu ini, selamat mencoba dan semoga berhasil!

Buat yang belum memakai MS Word 2007, coba deh tutorial setting label MS Word 2003 dengan klik di sini.

Buat yang ga mau pusing-pusing ngurusin settingan, gue menerima jasa untuk print label nama untuk berbagai keperluan. Mau pake yang transparan atau putih, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tinggal kasi list dalam bentuk word atau excel, labelnya gue yang siapain ^^


-Ling-

4 comments

dhewie May 9, 2011, 7:01:00 PM

link coba diteliti yah alamat rumah g
salah!!! xixixixi *komen ga penting bgt

Ling May 9, 2011, 9:19:00 PM

huehehehe.. itu cuman alamat rekayasa :P

Inge

Ongkos buat label + nge-print berapa?

Tips Excel May 11, 2015, 12:10:00 PM

enak nih bisa buat label nama undangan cepat
thanks ya

Post a Comment