Drama BCG

Sekitar dua bulan setelah suntik imunisasi BCG, di bekas suntikannya mulai menggelembung seperti bisul. Makin lama tampak bayangan nanah dari dalam yang ga sabar mau keluar.

Semalam para nanah berhasil menjebol pertahanan kulit tipis si Onga. Nanah keluar dari tiga lubang. Dua kecil satu besar.

Dokter memang sudah berpesan dari awal. Nanti kalo bernanah jangan dikasih saleb atau apa pun. Cukup dibersihkan dengan kapas air hangat. Begitu semalam terjadi, meski sudah mendapat instruksi tetap saja agak kaget. Muncul keraguan dan pertanyaan-pertanyaan susulan. Apakah boleh sambil ditekan pelan agar nanah lebih cepat keluar? Apakah menunggu sampai lubang keluar si nanah menutup sendiri? Apa memang akan keluar cairan merah seperti darah encer setelah nanah? Rentetan pertanyaan muncul satu persatu sesuai perkembangan yang dialami si Onga semalam.

Pertanyaan paling akhir, apa sakit ketika yang keluar adalah cairan merah? Pertanyaan paling bodoh ini karena si Onga tiba-tiba menjerit kencang dan menangis sejadi-jadinya begitu lukanya ditempelkan kapas air hangat. Padahal sebelumnya ketika membersihkan nanah dia seperti tidak merasakan apa-apa. Dan, jawabannya adalah, "sedikit nyut-nyutan".

Jawaban dari dokter yang ga langsung pun berujung browsing. Dan bagusnya beberapa tindakan improvisasi yang diambil ternyata sesuai saran para netizen dan dokter. Drama bisul BCG pun berakhir mulus. Meski pada penutupan awalnya rewel, si Onga ketika jam tidurnya tiba masih bisa bobo dengan nyenyak. Yah, dengan beberapa kali terbangun dengan tangisan. Khas dia kalo sempat menangis tragis sebelumnya, maka ketika tidur akan begitu. Masih bisa diterima ^^

Oh yah, kata pak dokter, "biasanya nanah akan muncul lagi". Jadi siap-siap dengan drama BCG part 2 dah! Yang pasti dari sisi si Ibu sudah lebih pengalaman dan berpengetahuan. Hahaha...

Jadi teringat ada tukang yang cerita kalo dia dilarang sama ibunya untuk membawa anaknya diimunisasi. Mungkin si nenek ga tega melihat reaksi tubuh si cucu karena efek imunisasinya tanpa memperhatikan efek lebih besar dibelakang yang mungkin terjadi kalo si cucu tidak diimunisasi.

Drama seri lainnya, beberapa waktu lalu sempat bertemu teman-teman sodara yang ibu-ibu juga, mereka malah bingung dengan kondisi si Onga. Anak-anak mereka ga ada yang tangannya begitu. Pada suntik BCG di bagian paha dan ga ada kejadian berbisul ria. Hemm.. besok imunisasi mau tanya pak dokter deh.

-Ling-

0 comments

Post a Comment