Uno Attack!


-Uno Stacko-
H+2 libur lebaran 2009 gue dipenuhi dengan serangan Uno Stacko! Padahal, permainan yang satu ini sama sekali ga ada dalam rencana awal waktu lagi nyusun rentetan acara nginap dan senang-senang di rumah pasangan penganten baru. Sampe-sampe rencana main capsa tinggal kenangan. Sorry yah Nana..

Semua berawal dari iseng-iseng minta dibawain Monopoli sama Herfin. Karna ga punya, ditawarin Uno. Tadinya gue pikir Uno Card, ternyata pas dia sampe, yang dibawa Uno Stacko yang masih rapi terbungkus dalam kotak. Ga ada akar, rotan pun jadi. Bayangin kartu, dapatnya balok.

Secara belum pernah main sebelumnya, 5 menit pertama, baca panduan yang tertera di kotak. Dengan patokan permainan Uno Card, mulai lha kita coba si Uno Stacko. Ga nyangka kalo permainan tarik-susun balok yang satu ini bisa begitu menyenangkan. Tata cara permainan yang berubah-ubah sepanjang permainan pun tak jadi halangan untuk bersenang-senang!

Setelah beberapa saat kali susun-roboh, 28 level, menjadi rekor terbaik dan terus bertahan sampai permainan dihentikan karena hari yang uda larut dan teparnya beberapa pemain yang pada malam sebelumnya udah begadang ampe jam 4 subuh.

-Best Record-
Tampang para Pemain ketika beraksi..


-Fan, Sien, Fin, Ling, Ko Pie-
Btw, pada udah tau lum yah Uno Stacko itu yang kaya apa dan gimana cara mainnya? Kalo ada yang ga paham dan ga gaul kaya gue, berikut sedikit info singkat tentang permainan Uno Stacko, ala gue.

Uno Stacko ini adalah balok warna-warni yang terbuat dari plastik. Terdiri dari 45 balok dengan 5 warna (merah, kuning, hijau, biru dan ungu), yang masing-masingnya mempunyai nilai. Ada yang angka 1, 2, 3, atau 4. Ada juga simbol untuk instruksi draw 2 (menarik 2 balok), skip (peserta selanjutnya dilewati, langsung ke giliran peserta ke 3), reverse (permainan berbalik arah. jika tadinya bergerak searah jarum jam, maka permainan berputar melawan arah jarum jam) dan wild card (balok khusus yang bisa digunakan untuk warna dan angka apa saja. baloknya berwarna ungu).

Permainan dimulai dengan menyusun semua balok menjadi 15 level. Masing-masing level terdiri dari 3 balok yang berbeda warna. Antar level disusun dengan cara saling silang. Jika level 1 dijejer dari kiri ke kanan, maka level 2 harus atas-bawah.

-Susunan Awal-
Pemain secara bergiliran menurut arah jarum jam menarik 1 balok dan kemudian disusun kembali pada level paling atas. Peserta selanjutnya harus menarik balok sesuai dengan instruksi balok yang ditarik oleh pemain sebelumnya. Contoh, jika si A menarik balok berwarna merah dengan angka 4, maka si B yang berada pada urutan selanjutnya harus menarik balok berwarna merah (angka apa saja) atau balok dengan angka 4 (warna apa saja). Begitu seterusnya. Dan,
Pemain yang merobohkan susunan balok waktu gilirannya menarik balok lah yang kalah.


-Ling-

11 comments

-Tess- Sep 22, 2009, 12:59:00 PM

tessa juga baru beli uno stacko ama uno carddddd :D

norak norak norak !! :D

Ling Sep 22, 2009, 1:11:00 PM

huehehe.. jadi pengen beli juga neh.. kan kmaren ini mainnya pake uno boleh minjem :P

Reyvan Apr 10, 2011, 6:26:00 AM

emg main uno stacko hruspke satu tangan yaa..??natemo

Ling Apr 11, 2011, 6:22:00 PM

Biar tambah seru. Kalo 2 tangan kan gampang :P

Anonymous

numpang tanya ya..maen uno staco harus pake kartunya ya? ada yg bilang pake dadu...yg bener yg mana ya...pengen maen uno tapi lupa dulu maennya gmana gitu, abis ini game jadul banget tapi seru...

normasari Dec 19, 2011, 12:44:00 PM

ksih strategi mainnya donk :D

Ling Dec 20, 2011, 8:36:00 PM

Hemm.. Strategi gue klo main seh pindahin dr paling bawah. Udah gitu usahakan balok yang diambil adalah yang akan menyulitkan pemain lainnya. Sisanya, having full fun! :D

Bastian Dirgantara May 24, 2016, 6:44:00 PM

Dapat kado permainan uno ini. Bingung cara maininnya

Anonymous

H

Anonymous

Eh beli nya dimana? Buat yang didaerah jakarta

Aljabr Mar 11, 2017, 10:48:00 AM

mau tanya peratutrannya, kl setelah pemain ambil yg gambar perintah 2 kotak, pemain selanjutnya ambil 2 kotak warna yang sama kan?lalu pemain selanjutnya ambil angka atau warna yg mana?

Post a Comment