Persiapan 2

Venue
Catering, 80%
Decoration, 80%
Entertainment, 60%

Bride's
Gown, checked!

Groom's
Shoes, checked!
Suit, checked!

Mempersiapkan pernikahan itu susah-susah gampang. Ada yang 2x liat uda beres, ada juga yang berkali-kali bolak-balik masih ada aja yang kurang. Yah, itu yang gue rasakan sampai saat ini. Yang penting harus tetap berpikiran jernih.

Trik gue, buat daftar dan bagi dalam beberapa kelompok. Misal, berdasarkan tenggat penanganan atau vendor yang akan digunakan.

Venue yang gue pilih sekalian menangani catering, dekorasi dan entertainment. Sebenarnya ditawarkan juga paket berikut bridal dan foto, tapi gue uda terlanjur memilih bridal sebelum menentukan gedung, jadinya menggunakan vendor berbeda.

Untuk bridal, gue memilih paket yang (almost) all in. Gaun, jas, rental mobil, foto pre-wedding, liputan hari H, dan kue sudah termasuk dalam paket. Hanya saja untuk kue gue minta potongan karena mempunyai rencana tersendiri, sama halnya dengan undangan dan souvenir.

Terkait resepsi yang belum termasuk dalam paket bridal, pakaian untuk orangtua dan saudara. Opsinya, nyewa, beli atau bikin. Masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri.

Semula nyokap bilang mau nyewa aja, eh sekarang malah getol bilang mau jahit. Jadi lah nyari-nyari info tempat jahit yang murah dan berkualitas.

Hasil ngider di ITC Mangga Dua seh cukup baik. Ada tempat yang menyanggupi pengerjaan gaun selesai dalam satu bulan. Jadi, masih ada waktu.

Sulit juga menyatukan selera pakaian dan warna di tempat penyewaan. Jadi yang untuk saudara juga ga jadi nyewa, nanti beliin bahan kain aja. Kalo sekalian sama jahitnya, bisa pingsan :P

Yang tak kalah penting, urusan pemberkatan dan legalisasi pernikahan. Daftar yang harus diberesin lumayan juga, khususnya yang berkaitan dengan surat-surat. Pihak yang harus dihubungi adalah, pengurus tempat ibadah dan RT/RW setempat.

Beberapa tempat ibadah ada yang sekalian membantu mengurus ke catatan sipil. Namun, ada juga yang hanya mengurus untuk pemberkatan nikah saja, urusan catatan sipil harus dikerjakan sendiri. Beruntung vihara yang akan gue gunakan nanti bisa membantu sampai ke pengurusan akte nikah ^^

Kelengkapan lain yang tak boleh terlupakan adalah, cincin kawin dan honeymoon! Sepele tapi fatal jika terlupakan. Apalagi urusan cincin :P

Yang udah disebut di atas adalah kelompok besarnya. Dari masing-masing item masih ada turunannya lagi. Urutan pengerjaannya pun harus diperhatikan, ada yang harus didulukan, ada yang bisa digeser kebelakang.

Cuap-cuap selesai!


-Ling-

4 comments

dhewie Jun 29, 2011, 6:39:00 PM

kue..kuee... gimana tuhhh

Ling Jul 15, 2011, 7:36:00 PM

hayo gimana??? :P

Anonymous

vihara yang digunakan vihara apa yach?

boleh informasinya >?

Ling Sep 22, 2011, 2:09:00 PM

Hi.. aku akhirnya memutuskan untuk pemberkatan di Vihara Saddhapala, Bojong ^^

Post a Comment