Xiang Qi

Rencananya pengen nuntasin janji sama diri gue sendiri untuk buat satu postingan yang bener-bener membahas mengenai sejarah dan bagaimana cara memainkan Xiang Qi. Klak klik sana sini dalam rangka ngumpulin informasi untuk nyusun ketikan gue, ga sengaja nemu artikel tentang ada anak yang menerima penghargaan MURI sebagai pemain Xiang Qi termuda.

Hemm, empat setengah tahun. Kalo menurut cerita dari tante tentang bokap dulu, andai aja masa itu udah ada MURI dan kakek gue kaya bokap si anak ini, di rumah gue akan ada satu piagam MURI ^^ *proud of you dad!

Buat yang ga tau, Xiang Qi adalah salah satu jenis permainan catur yang sering dikenal dengan sebutan Catur Cina/Chinesse Chess atau Catur Gajah berdasarkan etimologinya. Xiang=Gajah, Qi=Catur.

Ternyata, si catur Cina, sama halnya dengan catur internasional yang berkembang di negara barat, sama-sama berasal dari permainan kuno yang ada di India. Dari India, si permainan bergerak menuju Asia dan Eropa. Dan, kini kedua jenis permainan ini menjadi salah dua dari jenis permainan catur yang banyak digemari. Ref: klik sini

Oktober 2008 lalu, permainan Xiang Qi menjadi salah satu nomor yang dipertandingkan dalam turnamen skala internasional yang diselenggarakan oleh IMSA, International Mind Sports Association, di Beijing. First World Mind Sports Games ini diselenggarakan setelah Olimpiade Beijing, tepatnya dari tanggal 3 - 18 Oktober 2008.

Ternyata, untuk mengikuti pertandingan skala internasional seperti itu bokap berangkat ke Beijing waktu itu. Kalo ga salah bokap pulang dengan statistik urutan 20-an awal dari total lebih dari 50 orang peserta. Lupa angka tepatnya! Meski ga pulang dengan gelar juara, gue tetap bangga dengan bokap! Dengan latihan seadanya di sela-sela kesibukan ngurusin kerjaan, buat gue, ini udah merupakan suatu pencapaian yang luar biasa. *proud of my dad!

Balik soal Xiang QI, di Indonesia permainan ini masih berusaha mendaftarkan diri menjadi anggota KONI, Komite Olahraga Nasional. Saat ini Xiang QI dinaungi oleh PEXI, Persatuan Xiang Qi Indonesia.

Turnamen PEXI skala nasional yang gue tau adalah Kejuaraan Nasional Xiang Qi. Info ini gue dapat dari salah satu foto bokap yang dibawahnya ada tulisan Kejuaraan Nasional Xiang Qi VIII, Pekanbaru, September 2007. Gue itung-itung, kalo kejurnas dilaksanakan tiap tahun, maka Kejuaraan Nasional Xiang Qi pertama kali diselenggarakan pada tahun 1999. Tapi menurut info dari website PEXI Sumsel, Kejurnas Xiang Qi pertama dilaksanakan di Jakarta pada tahun 2000. Masih mencari informasi jelasnya, kalo nemu akan gue update lagi.

Untuk skala internasional, ada turnamen World Xiang Qi Championship. Organisasi skala internasionalnya World Xiang Qi Federation (WXF). Tahun ini, turnamen Xiang Qi dunia telah memasuki tahun ke-11.

Buat yang mau mendapatkan informasi lebih detail mengenai Xiang Qi, silahkan langsung klik di sini. Semua ada di situ. Intro, cara main, aturan langkah, tatacara permainan, dll. Info dari WXF tersebut tersedia dalam bahasa Inggris, kalo ada yang pengen tau gimana aturan bidak untuk melangkah dalam bahasa Indonesia, klik di sini.

-Papan Xiang Qi, lengkap dengan bidak yang telah tersusun-
Image source: here

Hemm, sepertinya ada yang berinovasi. Susah untuk mengingat karakter mandarin yang tertera pada bidak? Ga masalah! Check this out..

-Bidak Xiang Qi dengan icon (baca: Internationalized)-
Image source: here

Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.. ^^


-Ling-