Kulit Risoles Top Secret!

Sejak masak Prawn Spaghetti ala Ling minggu lalu, ternyata minat ngulik-ngulik di dapur kembali muncul. Udah sempat bikin Tom Yum Kilat sama Risoles Smoked Beef, meski masih belum sempurna.

Hari ini rencananya akan kembali melakukan percobaan membuat Risoles. Persiapan yang telah dilakukan adalah, browsing tips & tricks pembuatan kulit risoles. Info berharga ini gue dapatkan dari berbagai tempat, terutama di blog-nya Mba Ine, ahli tukang ngulik makanan lainnya, yang telah berbaik hati berbagi dengan pemula macam gue ini. Secara ini datang dari Sang Ahli, gue yakin info ini pasti akan sangat membantu ^^ *segera mencoba menerapkan!
Kulit Risoles Top Secret!
*sesuai kebutuhan Ling, untuk lengkap, klik di sini

Selayang Pandang
Kulit Risoles beda sama kulit lumpia siap pakai yang bisa beli di pasar.
Kulit Risoles lebih lembut, sedangkan kulit lumpia setelah di goreng akan jadi garing.
Kulit Risoles yang bagus, harus tipis tetapi liat/alot tak mudah robek.
Kulit yang terlalu tebal, akan pecah saat di pakai membungkus dan dilipat.
Ketipisan kulit risoles dipengaruhi oleh jumlah campuran air adonan dan jumlah adonan saat mendadarnya.
Makin banyak air, adonan makin encer dan makin mudah di buat tipis, tapi kulit makin rapuh.

Adonan
Supaya kulit liat dan tidak rapuh, adonan harus diuleni dulu sampai kalis dan diistirahatkan kira kira 30 menit sebelum di dadar.
Gunakan sendok kayu untuk mengaduk adonan dengan putaran searah.
Tuang air ke dalam adonan sedikit demi sedikit.
Ketika pertama mencampurkan adonan, hentikan penuangan air ketika adonan berbentuk pasta kental, aduk-aduk sampai kalis, adonan makin lama makin halus dan lentur, adonan terlihat licin, halus dan waktu di tarik rada mulur
Lama mengaduk tergantung tenaga dan kekentalan adonan.
Setelah di rasa cukup, kembali tuangkan air sedikit-sedikit sambil di aduk sampai rata, sampai air habis.
Kalau mengaduknya kurang oke, sehingga ada beberapa yang meringkil, saring adonan setelah air di tuang semua.

Updated:
Selain cari di atas, adonan kulit risoles juga bisa dibuat dengan memasukan semua bahan kulit lalu mem-blendernya sampai rata. Diamkan 30 menit sebelum mulai mendadar.

Mendadar
Gunakan wajan teflon untuk mendadar. Atau master crepes jika ada ada
Tidak perlu mengoles dengan minyak goreng, minyak goreng akan membuat kulit bopeng dan tidak cantik.
Kulit tidak akan lengket di teflon, karena sudah dicampurkan minyak dalam adonan.
Wajan harus cukup panas ketika akan menuangkan adonan, jika tidak kulit akan terlihat sangat tipis tapi tidak bisa kering dan lengket dibagian tengah.
Wajan yang cukup panas akan mengeluarkan suara 'ceeeessss' cukup keras ketika menuangkan adonan.
Jangan menumpuk kulit yang sudah jadi ketika masih panas, tunggu sampai dingin dulu, karna akan lengket satu
Kulit bisa langsung diisi dan dilipat begitu jadi.

Kali ini gue akan mencoba membuat kulit risoles dengan resep dari Mba Ine.

Kulit Risoles

Bahan:
250gr Tepung terigu protein tinggi (Cakra Kembar)
2 butir telur
1 sm minyak goreng
garam secukupnya
600cc air

Cara:
Campur bahan kering (tepung dan garam)
Pecahkan telur dan minyak ditengah-tengah tepung. Tuangkan air sedikit demi sedikit, aduk searah dengan sendok kayu sampai air habis *terapkan tips & tricks pembuatan adonan di atas
Tunggu 30 menit sebelum mulai mendadar menggunakan wajan datar anti lengket diameter 24cm.
Goyangkan wajan segera setelah menuangkan satu sendok sayur adonan kesekeliling wajan agar adonan merata
Tumpahkan ke wadah begitu adonan kering. Jangan ditumpuk selagi panas.

*Satu resep bisa untuk 20-30 lembar kulit

Oh yah, resep kulit risoles ini katanya dengan sedikit modifikasi juga bisa digunakan untuk berbagai jenis kue seperti Sosis Solo, Panekuk Coklat, Dadar Gulung Hijau, Crepes, dll

Agar lebih gurih, minyak goreng bisa diganti dengan margarin, dan tambahkan 50 gram susu bubuk, atau, gantikan air dengan menggunakan susu cair. Kalo untuk risoles, cukup menggunakan air karena isinya sudah mengandung susu (ragout) atau mayonais *resep yang gue pake menggunakan mayo

Mari berlatih membuat kulit Risoles.. ^^


-Ling-

4 comments

rini dharmawan Aug 3, 2014, 3:56:00 AM

Tq ya say inpohnya besok segera d coba,,,,

rini dharmawan Aug 3, 2014, 4:08:00 AM

Anyway,,,,
Itu adonan bener2 bisa d aduk sama blender ?
Kl di kocok sama mixer bagaimana ?
Trus bisa ga pake terigu kiloan biasa ?
Soalnya kl berhasil mau jualan risol, krn harga jual d sini masih @800 hrs saving dari bahan2nya say.
Mohon d ajarin ya say,,
Tq,, tq,,,

muday ajah Dec 26, 2014, 10:16:00 PM


Kulitnya jangan terlalu lembut....keras juga ga apa2 seperti aslinya risol tukang gorengan dipinggir jalan lebih merakyat...

muday ajah Dec 26, 2014, 10:16:00 PM


Kulitnya jangan terlalu lembut....keras juga ga apa2 seperti aslinya risol tukang gorengan dipinggir jalan lebih merakyat...

Post a Comment