Tung Hitung Hitung..

Fengshui. Zodiak. Shio. Garis tangan. Pimbon. Semua hal tersebut mempunyai perhitungan masing-masing. Semua terkait dengan tanggal kelahiran. Untuk warga keturunan, hal lainnya yang mempunyai peran penting dalam melakukan perhitungan adalah waktu kelahiran. Jam ketika kita dilahirkan biasa dinamakan "shi". Dalam hitungan ini, 24 jam dalam sehari dikelompokan menjadi 12 shi.

Terlahir dikeluarga keturunan Tionghua, g udah cukup terbiasa dengan pemilihan hari dan tanggal ketika akan melakukan hal-hal baik seperti memulai renovasi rumah, masuk rumah baru, memulai usaha baru, pertunangan ataupun pernikahan. Ada juga penghitungan yang lebih detail, menggabungkan berbagai aspek, elemen dan unsur dengan mengacu pada berbagai dasar. Penghitungan detail ini biasanya dikenal dengan kua mia atau son miang dalam bahasa khek. Hasil perhitungan ini memungkinkan orang untuk mengetahui unsur dan elemen dasarnya. Usaha jenis apa yang cocok, unsur-unsur apa yang harus dilengkapi, jodoh dari unsur apa saja yang bisa saling melengkapi dan mendukung. Kasarnya, mengetahui "takdir" lah.

Sedikit berlebih memang jika dikatakan takdir. Karena g sendiri pun terhadap hal-hal semacam ini punya anggapan yah, for fun aja lha. Karena buat g, apa yang kita dapat adalah 80% usaha sendiri, sisanya KARMA. Tapi, berhubung g saat ini ga menemukan kata lain yang lebih tepat, sementara pake kata "takdir" aja deh :P

Back to topic, dari berbagai jenis aspek yang dihitung, akhir-akhir ini g lagi belajar dan kerajingan menghitung juga. Modalnya seh cuma sebuah buku yang bisa dibeli bebas dimana aja. G ga tau nama umumnya apa. Yang pasti dalam bahasa khek / hakka, apa yg g lakukan itu disebut chin miang. Klo diartikan secara langsung seh, kata chin miang itu adalah menimbang nyawa. Tapi g lebih suka menyebutnya sebagai menimbang "takdir". Terlepas dari apapun namanya, yang g lakukan adalah menghitung bobot tanggal, bulan, tahun dan jam lahir. Lalu hasil perhitungannya akan dicocokan dengan penjelasan untuk hasil timbangan tersebut. As simple as that.

Untuk mengetahui penjelasan dari hasil perhitungan tersebut, g harus bekerjasama dengan pihak tertentu. KARENA semuanya tertulis dalam bahasa MANDARIN! Jadi, g harus mencari orang yang bisa membaca dan mengartikannya. Baru deh didapat hasil yang diinginkan.

Narsis mode on! Bukan g kalo ga nyari celah! Dari berbagai kemungkinan hasil perhitungan yang pernah dijelaskam, g translate ke dalam bahasa Indonesia dan g catat! Jadi, saat ini g udah bisa menjelaskan KHUSUS untuk hasil timbangan tertentu lho.. :P

Sekian mengenai hobi baru g. Bakal bertahan berapa lama yah?? Hehe..


-Ling-

2 comments

-Tess- Apr 27, 2009, 11:27:00 AM

timbangin gw donk ?
serius....

Ling Apr 27, 2009, 11:48:00 AM

tanggal, bulan (imlek) n jam lahir please.. ^^

Post a Comment