Para Penipu!

Baru beberapa menit yang lalu ada temen kantor yang menerima telpon. Semalam g terima sms-nya. Beberapa hari yang lalu, teman kantor yang sama terima telpon juga (sayang waktu itu g lagi ga masuk dan ga bisa menyaksikan secara langsung). Beberapa minggu yang lalu, baca di milis alumni. Ga lama sebelumnya secara ga sengaja g baca di notes temen di salah satu situs jejaring sosial. Jauh sebelumnya pun, udah pernah denger. Kirain udah ga ada lagi. Kirain udah ga jaman. Ternyata... Makin hari makin marak. Makin hari makin lihai aja modus operandinya! Dasar Penipu!!

Walo udah sering denger orang bilang untuk berhati-hati terhadap berbagai jenis penipuan, jangan pernah lengah! Karena, orang juga bilang klo kejahatan terjadi itu karena ada "kesempatan". Jadi, selalu berhati-hati, waspada dan jangan pernah lengah.

Berikut beberapa modus yang pernah g tau/denger:
  • Menang undian/poin reward, lalu minta ditransfer pajak hadiah
  • Ada anggota keluarga yang mengalami kecelakaan dan minta segera mentransfer sejumlah uang kerekening tertentu untuk biaya operasi
  • Mengaku sudah mentransferkan sejumlah uang panjer/dp atas pembelian barang tertentu (sasarannya adalah mereka yang memasang iklan untuk jual mobil/motor). Lalu minta ke atm untuk cek langsung k sana. Arahnya adalah meminta mengaktifkan mobile banking dengan menggunakan no hp si pelaku.
  • Pura-pura akan memberikan voucher tertentu atas pencapaian poin kartu kredit, lalu meminta informasi no kartu kredit dan detail lainnya
  • Memaksakan membership kartu keanggotaan tertentu dengan langsung mengirimkannya setelah menghubungi melalui ponsel. Pada saat pengiriman kartu, akan diminta untuk menandatangani struk pembayaran
Amit-amit seh, tapi kalo sampe ada nomor-nomor asing yang menghubungi. Tanyakan dengan detail, pancing dengan pertanyaan konfirmasi, crosscheck, crosscheck dan crosscheck!

Tulisan ini hanya reminder dari sekian banyak reminder yang mungkin pernah didengar..
Be remind, be aware.


-Ling-

2 comments

-Tess- Mar 12, 2009, 9:02:00 PM

gw sering banget nih dapet email yang wanti2 tentang ginian.
tapi berhubung gw ngga di indo, jadi biasa gw cuma baca asal lewat aja.
kalo dsini mah ya, telpon gw belum tentu sehari sekali bunyi. mereka mau nipu gw, ga ada guna, soalnya gw males dengerin orang ngomong bahasa cina...hihihi....
bahasa cina cukup di lingkup kantor aja deh.
daily life gw prefer indo or english....

penipu ga bakalan jadi kaya kok....

Ling Mar 13, 2009, 9:05:00 AM

Beruntung lha kamu karena ada perbedaan bahasa tersebut.. ^^

Tau ga seh, baru kemaren g posting soal penipuan, tadi baruasn terima sms pemberitahuan lagi. Kali ini ga via telp.

Katanya, ada modus kejahatan baru. Si Pelaku pura-pura jadi tukang parfum, trus akan maksa untuk nyium parfumnya. Dan.. didalam parfum itu d kasih obat bius!! Biasanya mereka cari mangsa d daerah parkiran.
OMG ga u!! makin ga aman aja situasi sekarang!!

Once again, be aware girl! be aware everybody! be aware!!

Post a Comment